Senin, 22 September 2008

> Sejarah Tuhan, Karen Armstrong 1993




Sejarah Tuhan 4000 Tahun Pencarian Yahudi, Kristiani, dan Islam.

Bentar2.. Sebelumnya gw mohon maaf dulu.. sebagai salah seorang yang bukan merupakan pecinta sastra jadi kalau ada kata2 yang salah harap dimaklumi. Peace.gif

Buku ini sangat bagus, sebagai proses pencarian identitas diri mengapa Tuhan itu ada dan persepsi dikalangan manusia berbeda antara satu dengan lainnya juga sebagai pencerahan kepada diri kita agar janganlah terlalu fanatik terhadap suatu ajaran agama tertentu karena pada prinsipnya Tuhan itu satu hanya deskripsi masing-masing kita berbeda.

Buku ini juga merupakan "Best Seller" dari semua karya Armstrong yang menuliskan sejarah dari 3 agama utama monoteis terbesar di dunia; Yahudi, Kristiani, dan Islam, tapi dibahas juga mengenai atheisme, sufisme, mistisme, dan animisme serta paganisme.

Karen Armstrong mengawali karirnya sebagai biarawati pada tahun 1962 sampai dengan 1969 dan kemudian dia keluar dari profesi biarawati dan mengambil kuliah di Oxford sampai Ph.D (tidak selesai).

Pada wawancara yang dilansir dari Cable-Satellite Public Affairs Network, Armstrong menyatakan bahwa dirinya adalah seorang "freelance monotheism" dan menyatakan bahwa berdasar dari keyakinannya terhadap agama yang bersumber dari Nabi Ibrahim bahwa dari tiga agama yang tersebut diatas seharusnya tidak memonopoli keyakinan karena masing-masing agama adalah superior terhadap lainnya, namun juga masing-masing agama memiliki kelemahan antara satu dengan lainnya.

Bicara tentang Tuhan memiliki sejarah yang sama panjangnya dengan sejarah manusia itu sendiri. Bahwa Tuhan itu ada setelah manusia ada karena manusia lah yang menciptakan Tuhan juga seharusnya dipertanyakan disini.

Gitu aja deh, ada yang mau nambahin BigGrin.gif

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com