Senin, 01 September 2008

ANEMIA





Anemia adalah kurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah. Anemia merupakan masalah yang lebih banyak diderita wanita, misalnya pada saat kehamilan dan menstruasi. Saat wanita mengalami menstruasi setiap bulannya, selain kehilangan darah, juga disertai kehilangan zat besi.

Penyebabnya?

Anemia disebabkan oleh banyak factor, salah satunya adalah kurangnya asupan zat besi, vitamin B12 dan asam folat yang merupakan nutrisi dasar pembentuk sel darah merah. Hal ini biasanya karena asupan gizi yang buruk atau diet ketat yang dilakukan.

Gejalanya?

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah yang mengangkut oksigen. Oleh karena itu gejala khas anemia adalah lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai, karena oksigen yang dibutuhkan untuk membentuk energi tidak mencukupi. Selain itu seringkali disertai gejala susah berpikir, sakit kepala dan mata berkunang-kunang. Kebanyakan dari kita mneganggap remeh gejala anemia dan menganggap bahwa anemia tidak berbahaya, padahal anemia bisa berakibat cukup fatal, yaitu kegagalan system tubuh dan bahkan kematian ibu saat melahirkan.

Penanganan dan Pencegahan

Bila anemia terjadi, dibutuhkan penanganan yang tepat berdasarkan faktor penyebabnya. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi Anda, terutama bila merasakan gejala anemia seperti yang disebutkan di atas. Untuk pencegahan, cara yang paling baik adalah sering mengkonsumsi nutrisi yang kaya zat besi, vitamin B12 dan asam folat, misalnya daging, sayur, dan kacang-kacangan. Selain itu dapat ditabah dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com