Selasa, 02 September 2008

APAKAH MADU ITU ????



Bagaimana cara lebah membuat madu?
Madu adalah suatu larutan yang mengandung gula kental dan manis yang dibuat oleh lebah. Komposisi madu terdiri dari berbagai macam proporsi fruktosa, glukosa, air, minyak dan enzim-enzim khusus yang diproduksi oleh lebah. (Glukosa dan fruktosa adalah jenis gula).
Langkah pertama dalam membuat madu dimulai ketika lebah-lebah pekerja terbang dari satu bunga ke bunga lain untuk mengumpulkan sari buah atau madu manis yang dihasilkan oleh bunga. Dengan lidah mereka, lebah-lebah tersebut menghisap sari madu dan menyimpannya di dalam kantung pada badan mereka. Setelah mengisi kantung mereka dengan sari buah manis tadi, lebah terbang kembali menuju sarang mereka dan memuntahkan sari madu yang disimpan ke dalam mulut lebah-lebah rumah.
Lebah-lebah rumah ini ditugaskan menambahkan enzim dari badan mereka ke dalam sari madu itu. Enzim menyebabkan air di dalam sari madu menguap sehingga sari madu berubah menjadi madu. Akhirnya, sari madu disimpan di dalam sebuah sel dari suatu sarang lebah. Seiring waktu, sari madu menjadi masak dan menjadi madu.


Mau tahu lebih banyak tentang madu?

Madu adalah satu makanan yang paling mudah dicerna.

Madu dipergunakan pada sirup obat batuk karena kelembutannya, tekstur yang kental meredakan tenggorokan.

Sebagai hasil dari kemampuan unik madu menyerap udara, madu sering digunakan sebagai bahan pelembab dalam memanggang.

Madu muncul dalam segala jenis warna dan selera. Warna dan selera madu tergantung pada seberapa tua usia madu tersebut dan jenis bunga yang sarinya disadap.


Demikianlah sedikit pengetahuan tentang madu. Madu membuat Anda sehat. Anda harus mau madu. Tetapi kalau dimadu harus tolak! Amit-amit!

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com