Kamis, 23 Oktober 2008

> Tetap Segar Walau Begadang

Selama begadang

- Nabung tidur dulu sebelumnya. lya, biar mata enggak sepat, dan tetap cukup tidur. Usahakan kita tetap bobo minimal enam jam sehari.

- Hindari minuman bergula seperti teh dan kopi. Memang mendatangkan energi instan, tapi sesudahnya kita akan lelah. Lebih baik air putih, apalagi karena kita duduk lama di depan TV.

- Jangan ngemil yang mengandung garam tinggi seperti pop corn atau pringles, sebab akan menyerap air tubuh hingga badan 'bengkak'. Lebih baik ngemil yoghurt, kacang rebus (bukan kacang asin, ya), jagung rebus.

- Menyantap buah-buahan juga akan membuat tubuh terasa segar.

- Minuman bersoda akan menyerap kalsium, sebaiknya jangan banyak-banyak. Minimal segelas saja kalau ingin.

- Agar mata tak pedih, tiap iklan coba alihkan pandangan ke tempat lain. Lebih baik lagi jika bisa menghirup udara segar sambil menatap ke kejauhan biar mata kita 'olah raga'. Lihat yang hijau-hijau atau ikan di akuarium membuat mata fresh.

- Bangkit dart tempat duduk selama iklan, jalan menyusuri ubin sambil meregangkan tubuh. Terutama menggerakkan otot leher dan pinggang. Zat asam yang kita hirup saat senam kecil, dapat memberi energi ekstra.

- Tertawa, bercanda, dan teriaklah selama menonton. Mengeluarkan emosi membuat pikiran lebih plong. Sehabis tertawan, kita akan merasa lebih enak.



Habis begadang

* Sarapan yang berprotein tinggi seperti susu, telur, keju. Sebab jenis makanan itu mengandung lemak dan karbohidrat. yang akan dibakar tubuh untuk menghasilkan energi baru.

* Minum serbat. Baik untuk habis begadang biar badan segar dan mencegah masuk angin.

* Kalau masih terasa lemas dan kurang tidur, coba rilekskan tubuh. Caranya : tarik nafas yang dalam pelan-pelan sebanyak tiga kali. Lalu hembuskan. Pada tarikan ketiga, tahan sekuatnya. Ulangi lima kali. Gerakan ini akan menekan sejumlah karbohidrat hingga menghasilkan ketenangan.

* Jika mata sembap, kompres dengan potongan timun, es yang telah dibalut kain.

* Saat sedang lelah kadang menuruti kata hati bisa menyegarkan. Misal berendam di air hangat, mendengarkan musik.

* Membersihkan badan, cuci muka, gosok gigi, dan dandan membuat kita fresh.

* Tentu saja jika selalu tak cukup tidur tubuh akan pegal terus. Lain kali usahakan cukup tidur, makan dan olah raga teratur ya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com